Sabtu, 15 Juli 2017

RESIKO BITCOIN

Tags

Bitcoin adalah teknologi menarik dan bentuk uang baru, namun hal ini tidak berarti Bitcoin terlepas dari risiko. Perlu diingat bahwa ada beberapa aturan yang sama di Bitcoin seperti uang tradisional. Contohnya, jangan menyimpan uang tunai Anda di bawah bantal karena mudah dicuri, atau jangan mempercayakan uang Anda ke orang asing.

Bitcoin juga memiliki risiko unik lainnya: untuk satu orang, Bitcoin adalah teknologi baru, dan walaupun terlihat sangat aman dan solid, selalu ada kemungkinan terjadinya kegagalan. Itu juga mengapa Anda tidak pernah boleh memasukkan ‘semua telur Anda di satu keranjang’ dan jangan pernah membeli Bitcoin dengan seluruh harta Anda. Bitcoin bersifat lebih volatil (nilai Bitcoin bisa naik dan turun dalam tempat atau waktu yang pendek) dibandingkan mata uang lainnya, dan walaupun sekarang nilai Bitcoin lebih stabil, Bitcoin pasti akan mengalami banyak momen-momen volatil di masa yang akan datang.

Ingat bahwa transaksi Bitcoin mirip seperti uang tunai dimana transaksi tidak dapat dibatalkan - jadi jika Anda mengirimkan Bitcoin ke orang yang salah, atau dompet Bitcoin Anda diretas dan seseorang mencuri Bitcoin Anda, sangat sulit dan bahkan tidak mungkin untuk mengambilnya kembali. Bitcoin juga tidak dilindungi oleh entitas apapun, sehingga jika Anda kehilangan Bitcoin Anda, maka penyedia layanan atau ‘jaringan Bitcoin’ tidak dapat mengganti kerugian Anda. Itulah mengapa Anda harus menggunakan produk dan penyedia layanan yang terpercaya untuk membantu Anda, sama seperti ketika Anda memilih bank untuk menjaga uang Anda dengan aman.

Terakhir, nilai Bitcoin ditentukan oleh sejumlah orang atau bisnis yang menerima Bitcoin. Jika Bitcoin berkembang, hal ini akan sangat baik untuk Bitcoin, namun jika semakin sedikit orang menggunakan Bitcoin, maka hal ini akan memberikan dampak negatif pada harga dan penggunaan Bitcoin itu sendiri.

Kesimpulannya, Bitcoin adalah suatu potensi besar yang sangat menarik dalam mengubah dunia, namun pastikan Anda mengerti risiko yang ada seiring dengan itu.


EmoticonEmoticon